Ganjar Cek Pengerjaan Normalisasi Sungai Cabean

Spread the love

Demak – Keinginan masyarakat agar pemerintah melakukan normalisasi Sungai Cabean kini terealisasi. Pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana saat ini sedang melaksanakan perbaikan sungai yang selama ini menjadi salah satu faktor penyebab banjir di sejumlah kecamatan di Demak.

“Sungai Cabean ini sudah lama masyarakat merindukan adanya perbaikan. Telepon menteri, alhamdulillah segera direspon. Ini bagian kita mencegah banjir. Tapi tentu normalisasi saja tidak cukup,” kata Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat mengecek pengerjaan proyek normalisasi Sungai Cabean, Rabu (18/10).

Di samping normalisasi, Ganjar mengingatkan di sisi hulu juga perlu dijaga. Seperti konservasi, dan pengelolaan tata ruang. Jika tidak terjaga dengan baik, datangnya hujan dan debit air yang tinggi berpotensi terjadi banjir. Seperti yang saat ini terjadi di Cilacap, Banyumas, Kebumen dan Banjarnegara.

“Curah hujan yang debitnya tinggi agak lama, pasti terjadi banjir. Ini bagian dari kita merespon agar tidak terjadi. Ini kan tanggulnya sudah naik. Jadi relatif lebih aman,” bebernya.

Untuk informasi, normalisasi Sungai Cabean dilakukan sepanjang 11 km dari Bendung Jragung sampai wilayah Ploso Kecamatan Guntur. Tanah yang dikeruk dinaikkan menggunakan alat berat menjadi tanggul raksasa. Pada titik-titik yang rawan longsor, dipasang turap untuk mencegah longsor.

 

Penulis : Rt, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng


2017-10-18 08:17:22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *