Ganjar Arak Obor Asian Games

Spread the love

Surakarta – Perlu 56 tahun untuk Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games kedua kalinya. Momen itu harus dimanfaatkan sebaiknya guna membangkitkan semangat kebangkitan olahraga Indonesia agar mampu berbicara di pentas olahraga dunia.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP pada Torch Relay Asian Games ke-18 di Stadion Sri Wedari Surakarta, Kamis (19/7). Menurutnya, saat ini banyak atlet Indonesia yang sudah mampu menorehkan namanya dengan tinta emas pada kejuaraan-kejuaraan dunia. Salah satunya, Lalu Muhammad Zohri yang mampu meraih medali emas pada nomor lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 di Finlandia.

Sebelumnya, atlet panjat tebing asal Grobogan Aries Susanti Rahayu juga memiliki prestasi dengan menjadi yang tercepat di kategori Speed Climbing Performa pada International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2018 di China, mengalahkan Atlet panjat tebing Rusia. Karenanya, Ganjar yakin bahwa atlet-atlet Indonesia khususnya Jawa Tengah meraih prestasi tertinggi pada ajang Asian Games kali ini.

“Masih banyak lagi anak-anak bangsa yang mampu menorehkan tinta emas dan mengibarkan bendera merah putih di ujung tertinggi langit ini,” katanya.

Jawa Tengah, imbuh Ganjar, mengirimkan 54 atletnya dan 10 orang pelatih untuk berkompetisi pada perhelatan Asian Games di Jakarta-Palembang. Sebanyak 54 atlet tersebut berasal dari 25 kabupaten/ kota pada 19 cabang olahraga (cabor).

Gubernur meminta kepada masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah untuk tidak berhenti mendukung para atlet yang berlaga, agar bisa mengharumkan nama bangsa dan negara. Dukungan masyarakat sangat diperlukan untuk mengobarkan semangat atlet mengibarkan bendera merah putih di kancah olahraga terbesar se-Asia ini.

“Hari ini dukungan masyarakat gegap gempita seperti obor ini yang menyala-nyala seperti api ini yang panas membara untuk menyemangati dan itulah sebagai satu semangat untuk kebangkitan olahraga kita,” pungkasnya.

Pada Torch Relay Asian Games ini Gubernur Ganjar berkesempatan menjadi Torch Bearer atau pembawa obor yang diarak dari Stadion Sri Wedari menuju ke Balai Kota Surakarta. Sebelumnya Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono juga berkesempatan menjadi Torch Bearer Asian Games.

 

Penulis : Kh, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

 
2018-07-20 01:23:47

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *