Ganjar Ajak Anggota DPRD Efektifkan Pemerintahan

Spread the love

SEMARANG – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak 160 anggota DPRD dari Kabupaten Brebes, Klaten, Kabupaten Pekalongan dan Kota Surakarta untuk lebih “menekan” eksekutif di masing-masing daerahnya. Sehingga, aspirasi masyarakat dan pokok-pokok pikirannya tersampaikan.

Secara umum, kata Ganjar, tugas anggota dewan di antaranya menyerap aspirasi, menyusun skala prioritas aspirasi, menginformasikan hasil usulan, menjalankan peran legislasi, serta kegiatan DPRD di bidang pengawasan lainnya.

“Aspirasi itu datang pintunya bisa secara langsung maupun melalui sosmed. Agar aspirasi itu bisa tersampaikan, tentu anggota dewan harus “menekan” eksekutif, agar eksekutif menjalankan tugasnya,” kata Ganjar saat memberikan arahan dalam Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/ Kota Angkatan 17 dan 18, di Hotel Griya Persada, Bandungan, Senin (4/11/2019) malam.

Dalam menyelesaikan masalah, misalnya di Brebes yang menginginkan pemekaran wilayah, anggota dewan dituntut memahami alasannya, baik menyangkut masalah kemiskinan, infrastruktur, pertanian dan irigasi. Apalagi, dengan jumlah penduduk yang banyak, baik legislatif maupun eksekutif harus memberikan perhatian lebih.

“Dengan otonomi daerah, apakah lebih leluasa. Positifnya ternyata soal inovasi yang membuat daerah tumbuh dan kreatif. Lalu, peran DPRD apa? Ya harus mengambil peran,” katanya.

Orang nomor satu di Jateng itu pun meminta seluruh anggota dewan membuat media sosial sebagai wadah dialog dengan masyarakat maupun eksekutif, agar lebih progresif dan membuka diri seluas maupun selebar-lebarnya.

“Pesan saya lagi, bawa pemerintahan lebih efektif dan jaga integritas, tidak korupsi dan jangan pungli,” tandasnya. (Humas Jateng)

 
2019-11-05 09:09:46

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *