Di Mata Najwa, Ganjar Main TikTok Bareng Anies dan Ridwan Kamil

Spread the love

JAKARTA – Ada pemandangan yang tidak biasa dalam tayangan Mata Najwa di Trans7, Rabu (19/2/2020) malam. Yakni dihadirkannya tiga gubernur yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ketiganya hadir membuka acara yang  bertajuk Mata Najwa Satu Dekade dengan tema “Kita Bisa Apa?”. Ketiganya mulanya mengemukakan pengalaman masa lalunya.  Seperti saat mereka sedang dilanda asmara hingga gaya hidupnya di masa lalu.

Seperti saat aksi Ganjar bertanya ke Ridwan Kamil, bagaimana gaya pacarannya dulu. Ridwan Kamil menjelaskan jika gayanya dulu saat kasmaran seperti di film Dilan 90.

“Dulu pedekatenya beda, enggak ada HP, enggak ada medsos, enggak bisa DM (direct message). Yang ada hanya telepon umum. Jadi harus antre tiap malam minggu ada 10 orang yang muda sedang kangen pada pacarnya. kalau kangen nyiapkan receh Rp100-an 10. Per menitnya kan Rp 100,” kata Ridwan memulai menceritakan masa lalunya.

Ganjar lantas balik tanya bagaimana dengan Anies saat muda dulu mendekati pacarnya. Anies menceritakan jika masa lalunya, sang kekasih tidak punya telepon dan kos.

“Nunggu di depan, kalau sudah pulang,karena sudah sore. Mudah-mudahan ketemu. Karena belum tentu ketemu. Kalau sudah ketemu, belum tentu dapat izin dari ibu kosnya,” ungkap Anies.

Mereka juga menyinggung soal poster demo. Kalau demo dulu menggunakan poster dengan tulisan yang serius. Beda dengan demo zaman sekarang yang tulisan di posternya disampaikan dengan nada yang lebih santai.

Ada hal menarik lain yakni saat ditunjukkan foto Anies saat muda yang sedang bersantai bersama para teman. Seketika para penonton di studio banyak yang tertawa. Terutama saat memandangi foto Anies yang terpampang di layar monitor,  yang ada di belakang para gubernur itu.

Mereka juga saling mengemukakan gaya saat demo. Yang mana saat dulu demo, biasanya pengambilan foto dilakukan para pewarta. Sedangkan demo di zaman sekarang, peserta demo malah foto sendiri alias melakukan swafoto (selfie photo).

“Tapi yang sama, menurut saya adalah, anak muda tahun kami 1990-an maupun sekarang, sama-sama cinta pada NKRI,” kata Ridwan Kamil diamini dan disambut tepuk tangan penonton studio.

Ganjar melanjutkan banyolan soal gaya rambut zamannya muda dengan yang sekarang. “Rambutnya juga beda. Yang satu sisirannya begini, yang satu masih hitam, yang satu sudah putih,” ungkap Ganjar.

Tak lama kemudian, Najwa masuk ke panggung. Dengan gaya kasual, Najwa menyapa. Najwa melemparkan pertanyaan apa yang bikin iri antara anak muda dulu dengan zaman sekarang. Ganjar menjawab, kalau anak muda zaman dulu harus bersusah payah mendapatkan cintanya, sehingga lebih awet. Sedangkan anak muda sekarang, jika gagal meraih cinta, langsung beralih.

“Mana yang ngaku milenial, ngacung. Sori ya. Kamu dulu janjian. Sekarang sama dulu beda. Janjian telepon, WA (WhatsApp). Kita nongkrong, pinjam sepeda motor, pakai jalan kaki, habis itu dimarahin orang tuanya. Eh begitu dia dapat, cewek nih, dia milikku. Cintanya tulus karena perjuangannya panjang,” kata dia disambut pujian Najwa.

Najwa lantas melanjutkan lagi ihwal gaya berjoget anak muda dulu yang kesannya lebih jaim. Karena itu beda dengan anak muda zaman sekarang yang lebih ekspresif. Ganjar membela diri, jika mereka kompak dan punya grup. Meski diakuinya jika grup itu baru memiliki kaus satu yang baru dicetak.

“Gubernur Garis Lucu. Kita tidak pernah tegang,” seloroh Ganjar.

Najwa memberikan tantangan kepada para gubenur untuk melakukan gaya TikTok. Sebelumnya operator memuta dulu salah satu video TikTok. Ketiganya dengan agak canggung akhirnya melakukan TikTok.  “Kita tos dulu biar tidak ada masalah,” celetuk Anies memulai.

Begitu musik TikTok diputar, ketiganya menari sesuai gaya di video. Canggung, kaku, dengan wajah sedikit tegang melakukan TikTok.  Tarian TikTok ini berupa gerakan tangan kanan meninju ke kiri dan balik lagi, kemudian disusul gerakan kedua telapak tangan terbuka dari atas ke bawah.

“Sekarang semua pada hepi melihat gubernur main Tiktok. Sekali lagi terima kasih gubernur kekinian. Lulus ya berarti,” ujar Najwa. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 


2020-02-20 01:04:11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *