Buka Bersama Yatim dan Duafa, Ganjar Serahkan Santunan Rp928,7 Juta

Spread the love

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggelar buka bersama anak yatim dan duafa di Wisma Perdamaian, Rabu (22/5/2019). Selain buka bersama, pada kesempatan itu Ganjar juga memberikan santunan kepada ratusan anak yatim serta kaum duafa yang bekerja sebagai penyapu jalan, pembersih taman dan lainnya.

Santunan yang diberikan Ganjar tersebut merupakan hasil dari iuran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Jateng yang dihimpun melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng. Tak tanggung-tanggung, total santunan yang diberikan kepada yatim dan duafa pada kesempatan itu sebesar Rp928,7 juta.

“Dalam kesempatan ini, bantuan diberikan untuk 14 lembaga keagamaan, 277 anak yatim dan 282 orang penyapu jalan serta kaum duafa lainnya. Total bantuan yang diberikan dalam kesempatan ini sebesar Rp928,7 juta,” kata Ketua Baznas Jateng, KH Ahmad Darodji.

Darodji menambahkan, santunan yang diberikan tersebut menjadi bukti pengelolaan zakat di Jateng sudah sangat bagus. Setiap bulan, pendapatan dari sektor zakat terus meningkat.

“Dengan penerimaan zakat yang tiap bulan terus meningkat ini, maka pemanfaatannya kepada yang membutuhkan semakin banyak, salah satunya dalam kegiatan ini,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan terima kasih kepada para PNS di Jateng karena kesadarannya untuk berzakat semakin tinggi. Dengan begitu, pemanfaatan hasil dari zakat tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat banyak.

“Semangat gotong royong yang kita miliki ini harus terus ditingkatkan. Pengelolaan zakat di lingkungan Pemprov Jateng akan terus kami kelola dengan baik agar bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat luas,” tambahnya.

Baznas Jateng, lanjut Ganjar, memang menjadi percontohan daerah lain di Indonesia. Dan saat ini, selain dimanfaatkan untuk santunan dan bantuan bagi pondok pesantren, duafa, anak yatim dan lainnya, Baznas Jateng saat ini sudah dimanfaatkan untuk kepentingan produktif.

“Jadi, dari Baznas Jateng digunakan untuk membiayai sertifikasi, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Bahkan dalam waktu dekat, Baznas Jateng memiliki program untuk membantu mengurangi persoalan kemiskinan melalui pemberdayaan,” tukasnya.

Acara buka bersama digelar secara sederhana namun khidmat. Ratusan anak yatim dan kaum duafa duduk lesehan sambil mendengarkan siraman rohani yang disampaikan oleh Kiai Nawawi. (Bw, Humas Jateng)
2019-05-23 00:13:31

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *