Bebas Lubang Tak Sekadar Impian

Spread the love

Jalan Provinsi Jawa Tengah bebas lubang? Hal tersebut jangan dianggap hanya slogan atau mimpi belaka, tapi benar-benar dapat terwujud. Saat ini saja kondisi infrastruktur jalan provinsi kategori baik pada awal 2015 sudah mencapai 2.230 km (86,88 persen). Sementara yang rusak sedang 13,12 persen, dan yang rusak berat tidak ada (0 persen). Lebar jalan yang lebih dari enam meter sepanjang 1.417 km (55,24 persen). Pada tahun 2018 atau akhir RPJMD, ditargetkan jalan provinsi dalam kondisi baik sepanjang 2.298 km (89,60 persen). Sementara, lebar jalan yang lebih dari enam meter menjadi 2015 km (77,87 persen).

Perbaikan dan perawatan jalan terus dilakukan pemerintah provinsi dengan anggaran infrastruktur APBD Jawa Tengah 2015 ini sebanyak Rp 2,1 triliun. Dinas Binamarga Provinsi Jawa Tengah pun menerapkan sistem informasi jalan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai jalan provinsi, kabupaten maupun negara yang sedang diperbaiki. Sehingga masyarakat dapat menjadi spionase pemerintah pada proyek pekerjaan jalan.

Ya, peran aktif masyarakat menjadi kunci keberhasilan pembangunan. Termasuk dalam mewujudkan jalan bebas lubang. Berbagai upaya dapat dilakukan. Selain mengawasi pekerjaan jalan, mereka harus memperhatikan beban kendaraan yang melintasi jalan sehingga jangan sampai ada kendaraan dengan beban overload lalu lalang di jalanan, mencegah gerusan jalan dengan memperbaiki dan menjaga saluran air di pinggir jalan, dan sebagainya.

Untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat, Gubernur menggandeng sejumlah pihak. Termasuk siswa SMK, mahasiswa teknik, mahasiswa KKN dan sebagainya. Prinsipnya, jangan cuma maido, tapi ayo ikut serta dalam pembangunan di wilayahnya, termasuk perbaikan dan perawatan jalan. Jalan Provinsi Jawa Tengah Bebas Lubang, bukan sekadar impian.