Awalnya Tanya, Malah Ditantang Ganjar Merehab RTLH

Spread the love

Sukoharjo – Berawal dari pertanyaan tentang peran mahasiswa untuk berkontribusi di dalam pembangunan, seorang mahasiswa justru mendapat tantangan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo SH MIP untuk merehabilitasi RTLH di sekitar rumahnya.

Tantangan tersebut diberikan ketika Ganjar menjadi narasumber dalam Seminar Kebangsaan dengan tema ‘Membangun Literasi Ekonomi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Warga Jawa Tengah’ di IAIN Surakarta, Rabu (4/10).

Adalah Kharisma Hardyana Putra yang mendapat tantangan dari Ganjar Saat itu, Mahasiswa semester tiga Jurusan Perbankan Syariah IAIN Surakarta tersebut melaporkan kondisi RTLH di sekitar tempat tinggalnya di Desa Margosukan, Kecamatan Gumpang, Kabupaten Sukoharjo.

Kharisma menceritakan kondisi RTLH tersebut terbuat dari anyaman kayu (gedhek) yang sudah mulai lapuk dan hanya dihuni seorang lanjut usia. Perabotan rumah tangganya sebagian besar juga sudah memrihatinkan.

“TV saja baru dikasih oleh tetangga lain, pak” katanya.

Ganjar kemudian memberikan modal Rp 10 juta untuk Kharisma guna membangun RTLH tersebut. Dia diminta mencari bantuan dari masyarakat untuk ikut bergotong royong membantu perbaikan tersebut. Gubernur juga meminta perbaikan RTLH nanti harus memenuhi syarat minimal, seperti bertembok, memiliki ventilasi, dan punya sarana MCK yang layak.

“Kamu takmodali Rp 10 juta siap apa ora? Kamu cari  tukang batu, cari bantuan pasir boleh, cari bantuan batu bata, takkasih modal hanya Rp 10 juta tapi harus jadi rumah,” tantang Ganjar.

Kharisma juga harus mengecek dulu kondisi RTLH tersebut dan melaporkan kepadanya. Selain itu harus meminta persetujuan dari pemilik rumah sebelum memulai perbaikan rumah.

“Tugasmu besok (Kamis, 5/10) ngecek ke rumahnya bilang ke pemiliknya boleh atau nggak. Segera cari orang dengan modal Rp 10 juta, kalau kamu tambah gotong royong bantuan masyarakat kira-kira bisa tambah berapa? Tapi kira-kira kalau tidak, buat yang sesederhana mungkin,” katanya.

Ganjar juga minta jika perbaikan RTLH sudah dimulai, dia harus mendapat laporan setiap hari dari Kharisma mengenai perkembangan yang telah dilakukan.

Mendapat tantangan dari Ganjar, mahasiswa tersebut dengan lantang menjawab kesiapannya. Dia tidak menyangka akan direspon cepat dan diberi bantuan oleh Ganjar. Sebelum melakukan perbaikan rumah, dia akan berkonsultasi dengan tukang bangunan dan akan menggalang bantuan dari masyarakat.

 

Reporter : Kh, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng


2017-10-04 13:39:29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *