Atikoh Ganjar, Perempuan Pertama Pimpin Kwarda Jateng

Spread the love

Karanganyar – Atikoh Ganjar Pranowo terpilih menjadi Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah masa bakti 2018-2023. Atikoh terpilih secara aklamasi melalui Musyawarah Daerah Kwarda Jateng 2018 dengan agenda rapat pleno pemilihan ketua Kwarda, di Hotel Syariah Solo, Sabtu (13/10).

Istri Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP itu bersaing dengan tiga kandidat lainnya, yakni Wakil Ketua Kwarda sekaligus Sekda Jateng Dr Ir Sri Puryono KS MP, Bupati sekaligus Ketua Mabicab Pemalang, Junaedi SH MM, serta Kepala Bappeda Jateng, Ir Sujarwanto Dwiatmoko MSi.

Para calon ketua Kwarda secara keseluruhan memenuhi persyaratan sebagaimana hasil verifikasi administrasi. Keempat kandidat bermusyawarah untuk mengambil keputusan secara kekeluargaan. Usai musyawarah antarkandidat, semua sepakat menunjuk Atikoh Ganjar Pranowo sebagai Ketua Kwarda Jateng hingga lima tahun ke depan.

Ketua Kwarda Jateng terpilih Atikoh Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyatakan komitmennya untuk memajukan dan mengembangkan Kwartir Daerah Jateng. Menurutnya untuk kemajuan Pramuka tidak bisa bekerja sendiri. Baik Kwarda, Kwarcab hingga tingkat akar rumput harus bergandengan tangan memajukan Pramuka.

“Ke depan akan mendorong kaum perempuan aktif dalam gerakan Pramuka. Ketika nanti saya menjadi ketua Kwarda, diharapkan para perempuan bisa semakin aktif,” harapnya.

Tidak kalah penting adalah peran Pramuka dalam membentuk karakter generasi bangsa. Terlebih pada era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang kian canggih seperti sekarang, benteng anak bangsa harus kuat terhadap beragam gempuran yang luar biasa.

“Sehingga perlu orang-orang yang baik dan saleh untuk bisa membagikan kesalehannya kepada masyarakat,” imbuh ibu satu putera ini.

Dalam kesempatan itu, perempuan asal Purbalingga tersebut mengapresiasi berbagai kegiatan Pramuka di Jateng. Namun demikian ada banyak tantangan yang harus dihadapi dalam memajukan Pramuka di Jateng. Salah satunya, menggerakan anak-anak sekolah agar aktif di kepramukaan. Sebab keanggotaan Pramuka di Jateng paling banyak hingga tingkat penegak, sedangkan di tingkat lebih dewasa semakin menipis.

“Saya sangat mengapresiasi berbagai kegiatan Pramuka, karena saya sangat konsen terhadap pendidikan karakter,” ujarnya.

Sementara itu, calon Ketua Kwarda Jateng Sri Puryono KS MP menyatakan dukungannya kepada Atikoh Ganjar Pranowo. Di bawah kepemimpinan seorang perempuan diharapkan Pramuka Jateng semakin maju dan berkembang.

“Saya mendukung sepenuhnya kepada Ibu Atikoh Ganjar Pranowo sebagai Ketua Kwarda Jawa Tengah periode 2018-2023, semoga Allah meridhoi kita semua,” ucapnya.

Senada disampaikan Sujarwanto, usai menjalankan musyawarah antar calon, semua berkomitmen bersama-sama memajukan Pramuka. Kepala Bappeda Jateng itu berharap Pramuka mampu mencetak generasi bangsa yang bangga atas bangsanya, menjunjung tinggi bangsa dan negara.

“Ini kali pertama Kwarda Jateng dipimpin perempuan, muda, dan cantik. Kita sependapat dan saya akan sepenuhnya mendukung untuk bersama-sama memperkokoh Kwarda Jateng,” bebernya.

Calon ketua Kwarda lainnya, Junaedi menambahkan, Pramuka pada era milenial seperti sekarang akan lebih menggigit, salah satunya dengan menyebarkan atau menginformasikan berbagai kegiatan Pramuka kepada masyarakat. Menurutnya Ketua Kwarda Jateng mempunyai kemampuan memajukan Pramuka Jateng di era milenial.

“Hari ini, esok dan yang akan datang kita semua warga Jawa Tengah dalam rangka mengabdi kepada bangsa dan negara, akan tetap dan utuh sebagaimana tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Penulis : Mn, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng

pop
2018-10-13 11:53:02

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *