Atikoh

Atikoh Ganjar Jadi Pengrawit di Omah Mbudur Magelang

Atikoh Ganjar Jadi Pengrawit di Omah Mbudur Magelang

MAGELANG – Siti Atikoh Supriyanti, istri calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo mendadak jadi sinden saat makan siang di Omah Mbudur, Dusun Jowahan, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (28/12/2023). Atikoh juga unjuk kebolehannya karawitan.

Momentum itu praktis menarik perhatian para pengunjung yang datang. Atikoh yang mengenakan gamis bernuansa hijau tua dan jilbab coklat itu tanpa canggung menghampiri pengrawit yang mengiringinya makan siang.

“Mau belajar main alat aja, suaraku lagi serak soalnya,” kata Atikoh saat ditawari mikrofon oleh pesinden.

Saling umpan mikrofon pun terjadi. Sampai akhirnya Atikoh meraih pemukul karawitan di hadapannya. Ia kemudian meminta pengrawit untuk melatihnya tembang dengan notasi mudah dan dipilih Gugur Gunung.

Wajahnya yang mungil menampilkan ekspresi serius saat memainkan alat musik jenis Slenthem. Pengrawit pun dengan sabar menuntun satu persatu notasi. Saat mencoba dengan tempo asli, Atikoh menyerah.

“Wah susah, aku nyanyi aja deh jadi backing vocal ya. Caping gunung aja yang hafal,” ucapnya.

Pengunjung pun langsung riuh menyoraki Atikoh yang meski sedang batuk, tetap dapat bernyanyi dengan baik. Usai bernyanyi, Atikoh ternyata masih penasaran dengan alat musik Gambang. Ia pun mencobanya dengan lagu yang familier yakni Gundul-Gundul Pacul.

Hal ini mendapat pujian dari pengunjung. Salah satunya Yati, warga Magelang yang memang sedang berkunjung ke Omah Mbudur. Ia yang baru melihat Atikoh secara langsung itu dibuat kagum.

“Sudah cantik, ayu, pinter. Orangnya juga grapyak (ramah),” tuturnya.

Sementara itu, Nuryanto sang pemilik Omah Mbudur mengaku senang kedatangan Atikoh. Meski bukan kunjungan pertama, Nur merasa bangga karena Atikoh tetap mampir Omah Mbudur di tengah kesibukannya.

“Saya sangat bangga sekali, di masa-masa beliau mendampingi bapak nyalon presiden masih menyempatkan datang ke Omah Mbudur bermain bersama pengrawit. Benar-benar sosok yang bisa menjadi contoh, karena mau mengayomi dan membumi. Ajur Ajernya ada,” tandasnya.


Shares:

Info Terkait

Show Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =