Atasi Kebakaran Hutan Mas Ganjar Minta Masyarakat dan Perhutani Aktif

Spread the love

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus melakukan koordinasi dengan berbagai instansi untuk berupaya pemadaman kebakaran hutan di gunung Sumbing, Sindoro dan Lawu. Saat ini, Kamis (13/9) masih ditemukan beberapa hotspot atau titik api meski telah kebakaran telah berlangsung beberapa hari.

Ganjar Pranowo mengatakan analisa dan solusi terus digali saat ini antara Perhutani, relawan, BPBD, TNI, Polri dan Pemkab terdampak.

“Problemnya apa? Problemnya peralatan dan area lahan yang luas. Maka saya sudah ngomong, kontak dengan Basarnas. Kayaknya hari ini mereka sudah datang dan sedang melakukan survei. Survei kondisi areanya,” kata Ganjar usai membuka Gantolle Cup di puncak Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang, Kamis (13/9/2018).

Ganjar juga mengatakan saat ini Basarnas mendatangkan helikopter water booming agar proses pemadaman bisa efektif.

Selain itu, Ganjar juga memastikan kebakaran hutan di tiga gunung tersebut bukan semata faktor alam. Namun terdapat pula faktor kelalaian manusia.

“Saya minta tolong kepada masyarakat untuk menjaga. Hati-hati puntung rokok, hati-hati api, buat kanalisasi,” kata Ganjar.

Dia berujar musim kemarau memang membuat tumbuh-tumbuhan gunung, khususnya area savana mengering. Kondisi tersebut rentan menimbulkan kebakaran bila ada pendaki buang puntung rokok sembarang maupun lalai memadamkan perapian. Dia juga secara khusus meminta agar Perhutani aktif melakukan patroli.

“Dan Perhutani tolong rutin berpatroli dong,” katanya.