Ajak Gunakan Gas Ramah Lingkungan, Ganjar Masak ‘Lumpia Gemes’

Spread the love

Semarang – Rintik gerimis membasahi Kota Semarang pada Minggu malam (12/11). Cuaca dingin sama sekali tak menyurutkan antusiasme pengunjung Sampokong untuk mengerumuni tenda utama acara “Bersatu dalam Ragam Rasa Indonesia” yang dihelat Tribun Jateng dan Perusahaan Gas Negara (PGN).

Kehadiran Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP ternyata menjadi magnet pengunjung kelenteng legendaris tersebut. Tak sekadar berkunjung, bersama Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi SE MM dan Bupati Kendal dr Mirna Annisa, orang nomor satu di Jawa Tengah itu adu masak di hadapan warga.

Tanpa canggung, Ganjar mengenakan apron dan mulai menyalakan kompor gas. Sembari menunggu minyak panas, mantan anggota DPR RI itu menyiapkan lumpia yang akan digorengnya. Dengan piawai, Ganjar membolak-balikkan kuliner khas Kota Semarang itu di wajan. Tak perlu waktu lama, warna kulit lumpia yang semula putih sudah berubah keemasan. Aroma sedap pun sudah tercium di tengah kerumunan pengunjung dan awak media.

“Nama masakannya apa Pak Ganjar?” celetuk salah seorang pengunjung.

“Lumpia Gemes,” jawab alumnus UGM itu berkelakar.

Tawa pengunjung pun pecah begitu mendengar jawaban spontan sang gubernur.

“Kok namanya Lumpia Gemes, Pak?” tanya mereka lagi.

“Tuh, muka orang yang pada nonton (adu masak) pada gemes lihat lumpianya digoreng,” canda gubernur.

Ganjar pun menawarkan lumpia buatannya kepada pengunjung yang hadir.

“Siapa mau ngicipi?” tanya Ganjar.

Pengunjung langsung berebut mencicip Lumpia Gemes yang dimasak gubernurnya. Tak mau kalah, Bupati Mirna Annisa memasak bakmi goreng dan telur. Sementara itu, Wali Kota Hendrar Prihadi membuat jus bawang naga, kombinasi antara buah naga dengan daun bawang.

Aktivitas masak yang dilakukan ketiga kepala daerah tersebut bukan untuk ajang pamer kemampuan masak. Pada kesempatan itu mereka mencoba memasak menggunakan bahan bakar gas yang diproduksi PGN. Ganjar bahkan mengajak warga untuk beralih menggunakan bahan bakar gas yang lebih terjangkau dan ramah lingkungan.

“Semakin banyak pakai gas, udaranya semakin bersih. Mudah-mudahan tabungnya tidak terlalu mahal. Yuk kita pakai energi yang lebih hijau, yang lebih environment friendly,” ajaknya.

Ganjar mengapresiasi penyelenggaraan acara yang dihelat oleh Tribun Jateng dan PGN. Selain menyosialisasikan penggunaan bahan bakar gas ramah lingkungan, acara tersebut sekaligus mengangkat potensi wisata dan kuliner Jawa Tengah. Pasalnya, sejumlah stan kuliner khas Jawa Tengah turut memanjakan pengunjung Sampokong sejak beberapa waktu lalu. Gubernur berharap, media turut aktif memromosikan potensi wisata di Jawa Tengah, termasuk Kota Semarang dan Kabupaten Kendal yang terus berbenah.

“Pak Hendi terima kasih Kota Lamanya semakin cantik. Kalau setiap minggu sepedaan ke sana, saya pasti niliki. Banyak orang dengan wajah-wajah mrenges di Kota Lama. Bahagia sekali mereka selfie-selfie. Itu ditata betul oleh Pak Wali Kota sehingga menjadi destinasi yang luar biasa,” pujinya.

Ganjar menambahkan, saat ini wali kota Semarang tengah merancang masterpiece kawasan Simpang Lima. Diharapkan, Lapangan Pancasila semakin tertata apik, sehingga pengunjung bisa nyaman berbelanja dan bersantap kuliner di sana. Area parkir pun tertata dengan tertib. Ditambah lagi, pelayanan publik di Kota Semarang makin baik.

“Saya rasa Kota Semarang sudah beranjak menjadi kota metropolitan. Kota Semarang dari layanannya sedang membanjiri hebat-hebatan. Pariwisatanya, tata kotanya, tamannya semua makin ditata. Ini prestasi yang luar biasa. Pak Hendi juga sedang membuat masterpiece Simpang Lima,” bebernya.

Tak hanya Kota Semarang, Ganjar menerangkan, Kabupaten Kendal juga terus berbenah menjadi kawasan industri yang makin menggeliat. Upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi warga setempat.

“Kendal menjadi kawasan industri baru luar biasa. Dugaan banyak orang, kelak Kendal pertumbuhan ekonominya menjadi yang tercepat dan tertinggi. Ini yang coba kita dorong,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Ganjar bersama Hendi dan Mirna me-launching majalah pariwisata Jateng Travel Guide edisi keenam. Majalah tersebut menampilkan pesona destinasi wisata di Jawa Tengah.

 

Penulis : Ar, Humas Jateng

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Foto : Humas Jateng


2017-11-13 01:18:18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *